Beberapa Cara Menaikkan Berat Badan Anak, Cocok Untuk Tumbuh dan Berkembang Anak

Estimated read time 5 min read

Takut karena sang kecil tampak lebih kurus dibanding kanak- kanak seusianya? Sesungguhnya, bila dokter melaporkan sang kecil sehat, Kamu tidak butuh mengkhawatirkan berat badannya. Tetapi, bila berat anak memanglah di dasar rata- rata, terdapat sebagian cara menaikkan berat badan anak.

Pentingnya Konsumsi Kalori Untuk Menaikan Berat Badan Anak

Terdapat sebagian aspek yang menimbulkan anak hadapi underweight ataupun berat badan kurang. Tetapi, pemicu yang utama, adalah minimnya konsumsi makanan yang memiliki kalori.

Oleh karena itu, menaikkan konsumsi makanan berkalori jadi cara utama buat menaikkan berat badan anak yang underweight. Kemudian, berapa jumlah kalori yang diperlukan buat anak?

Kebutuhan kalori buat anak umur 2-3 tahun biasanya dekat 1.000 kkal per hari, sebaliknya yang berumur 4-8 tahun kurang lebih 1.200—1.400 kkal setiap harinya.

Buat bisa menaikkan berat badan, paling tidak anak memerlukan konsumsi kalori bonus sebanyak 300—500 kkal per harinya.

Tetapi, saat sebelum mempraktekkan cara tersebut, terdapat sebaiknya Kamu bertanya dahulu ke dokter buat mengenali keadaan kesehatan dan pemicu underweight pada anak.

Sepanjang tidak terdapat keadaan kedokteran tertentu yang menimbulkan underweight, metode menaikkan berat badan anak lewat akumulasi kalori bisa jadi jadi salah satunya jalur.

Tetapi, butuh diingat kalau buat menggapai berat badan sempurna anak, Kamu wajib memakai cara yang sehat guna kurangi resiko timbulnya permasalahan kesehatan lain.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Buat menaikkan konsumsi kalori dan menaikkan berat badan anak, sebagian cara berikut bisa jadi dapat Kamu coba.

1. Menambah Konsumsi Lemak

Menaikkan konsumsi lemak pada menu makan si kecil merupakan cara cepat dan gampang buat tingkatkan kalori.

Alasannya, satu gr lemak menyumbang lebih banyak kalori daripada sumber gizi yang lain. Tetapi, Kamu senantiasa wajib memilah sumber lemak yang sehat buat anak Kamu.

Sumber lemak tidak sehat bisa jadi cara menaikkan berat badan, namun tidak berikan nutrisi yang diperlukan anak guna melindungi kesehatan badannya.

Buat menaikkan konsumsi lemak sehat ini, minyak zaitun, minyak kanola, dan mentega dapat digunakan sebagai bahan memasak makanan si kecil.

Kamu juga bisa memberikan saus krim ataupun keju leleh pada nasi, pasta, ataupun sayur-mayur sebagai cara alternatif menaikkan kalori pada menu makanan anak Kamu.

Pada saat Kamu lagi memasak, ubah bahan-bahan rendah lemak dengan yang berkadar lemak besar.

Contohnya, pada saat membuat sereal oatmeal, pakai susu fresh daripada mencampurnya cuma dengan air. Kamu juga dapat meningkatkan kacang almond ataupun biji-bijian pada sereal tersebut.

Roti lapis yang ditambahkan dengan selai kacang ataupun hidangkan saus guacamole dari alpukat juga dapat jadi pilihan cemilan sehat buat anak.

2. Menambah Konsumsi Karbohidrat

Tidak hanya lemak, karbohidrat juga tercantum salah satu sumber kalori. Zat gizi ini menyumbang 4 kkal buat tiap gramnya, walaupun tidak sebanyak dari isi lemak.

Oleh karena itu, menaikkan konsumsi karbohidrat juga dapat jadi salah satu cara buat tingkatkan konsumsi kalori dan menaikkan berat badan anak Kamu.

Roti gandum, pasta, kentang, ubi, jagung, nasi, ataupun sereal adalah sumber karbohidrat utama yang dapat Kamu seleksi buat makanan tiap harinya.

Buat menaikkan konsumsi karbohidrat buat anak, Kamu bisa memberikan cemilan yang juga memiliki zat gizi ini, semacam kismis, buah-buahan kering, dan granola.

Separuh cawan granola memiliki dekat 200 kkal sehingga sesuai buat ditambahkan sebagai isian pudding, yogurt, ataupun sereal.

Kamu juga bisa menaikkan konsumsi karbohidrat setiap hari si kecil dengan meningkatkan madu ataupun sari buah pada buah-buahan fresh ataupun sereal oatmeal.

3. Menambah Konsumsi Protein

Sumber kalori ketiga yang juga dapat menolong menaikkan berat badan anak Kamu, adalah protein. Sama semacam karbohidrat, protein juga menyumbang 4 kkal buat tiap gramnya.

Mengutip Academy of Nutrition and Dietetics, sumber protein yang baik buat menaikkan berat badan, ialah telur, selai kacang, sup kacang, hummus, dan susu, yoghurt, dan keju.

Walaupun begitu, sumber protein buat anak yang lain juga dapat Kamu berikan, semacam ikan, daging, ataupun biji-bijian. Ikan dan daging dapat jadi makanan utama buat anak secara bergantian.

Di sela-sela makan utama, cemilan memiliki protein juga dapat Kamu berikan. Misalnya roti lapis berisi keju dan telur ataupun roti berupa stik yang dicocol dengan saus hummus ataupun keju.

4. Menambah Kalori Dari Minuman

Bila sang kecil tidak doyan makan, Kamu dapat memberinya minuman yang memiliki kalori sebagai cara buat menaikkan berat badan anak.

Kamu dapat berikan anak juice buah fresh, susu fresh, yoghurt, susu kedelai, milkshake, ataupun smoothies yang memiliki besar kalori dibanding teh ataupun kopi.

Bukan hanya kalori, minuman- minuman ini juga kaya akan vitamin dan mineral, semacam kalsium yang baik buat perkembangan tulang anak Kamu.

Walaupun begitu, yakin kan anak Kamu tidak kenyang cuma dengan konsumsi minuman ini. Yakinkan anak senantiasa lapar pada waktu makannya sehingga dia senantiasa ingin makan.

5. Makan Teratur

Bukan semata- mata menaikkan kalori, makan secara teratur juga butuh Kamu terapkan buat menaikkan berat badan anak. Jangan sampai anak Kamu melupakan waktu makannya.

Melupakan waktu makan akan melenyapkan peluang si kecil buat menemukan konsumsi kalori yang lumayan guna beraktifitas seharian.

Biasakan anak Kamu makan 3 kali satu hari dan 2 kali makan selingan ataupun cemilan diantara jam makan yang wajar.

6. Buat Jatah Makanan Lebih Besar

Buat menaikkan berat badan, cobalah buat berikan jatah makan anak Kamu lebih besar dari umumnya, paling utama makanan berpati semacam roti, nasi, pasta, ataupun kentang.

Sedangkan buat cemilan, hidangkan 2 jatah roti lapis sekalian. Sajikan susu dalam gelas yang lebih besar ataupun mangkuk besar buat sereal.

Apabila tidak bisa makan dalam jatah besar, coba berikan makan dalam jatah kecil, namun sering. Misalnya, 6-8 jatah kecil makan dan cemilan tiap hari ataupun apabila butuh tiap separuh jam.

7. Perkenankan Anak Tetap Aktif

Walaupun lagi mencari cara buat menaikkan berat badan, bukan berarti dia tidak boleh aktif. Kegiatan raga malah menolong meningkatkan dan menguatkan tulang dan otot anak.

Walaupun begitu, durasi ataupun frekuensi kegiatan raga pada anak yang underweight bisa jadi berbeda dengan anak yang lain.

Oleh karena itu, sebaiknya Kamu bertanya kepada dokter guna memperoleh panduan yang pas menimpa kegiatan raga buat anak Kamu.

More From Author

+ There are no comments

Add yours